Review: Janji Joni

janji-joniSutradara      : Joko Anwar

Penulis           : Joko Anwar juga

Durasi            : 83 Menit

Genre             : Komedi Romantis

Tahun             : 2005

Rating IMDb : 7.6

Pemeran         : – Nicholas Saputra
                            – Mariana Renata
                            – Rachel Maryam
                            – Dwiky Riza

‾     ‾ ‾     ‾ ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾       

Janji Joni adalah salah satu film favorit gue sejak SMP. Entah udah berapa kali gue nonton ini film tapi gak pernah bosen. Hal tersebut dikarnakan film ini memiliki cerita yang kuat tapi sederhana dan dapat dikenang. Cerita filmnya juga gak maksa sebagai film komedi. Bahkan skrip komedinya kuat banget untuk bertahan sampai sekarang. Walau udah mau 1 dekade Janji Joni masih aja lucu. Gue yakin anak, cucu, cicit, sampe cucunya cicit gue bakal suka juga kalo nonton film ini.

APA?!

Kamu belum pernah nonton film ini?

#PrayForYou

Ehh sebenarnya gue gak ngerti juga sih bikin tulisan review film itu kaya gimana (hehehe). Gue kasih judul itu karna keren aja dilihatnya (hehehe lagi). Yaudahlah ya, intinya gue mau cerita ini film versi gue.

Gue sangat suka dengan cerita film ini. Cerita tentang seorang pemuda pengantar roll film bernama Joni (Nichoulas Saputra) yang pada suatu hari bertemu seorang gadis bernama Angelique (Mariana Renata). Singkat cerita Angelique akan memberitahukan namanya kepada Joni setelah film berakhir. Dengan kata lain setelah Joni berhasil mengantarkan roll film terakhir.

Ternyata oh ternyata perjalanan Joni mengantar roll film tidak semulus paha para personil Cherrybelle, di perjalanannya motor si Joni dicuri orang, lalu ia harus naik taksi dan bertemu supir yang suka curhat lalu mengantarkan istrinya melahirkan. Tak hanya itu Joni juga harus bermain film dadakan, roll filmnya dicuri, bermain drum dadakan lagi, dikejar-kejar warga, sampai bertemu dengan seniman gila. Dan akhirnya bertemulah Joni dengan Angelique. Maap spoiler.

Ada beberapa scene yang menurut gue lucu banget untuk ditonton berulang-ulang kali. Berikut scenes yang gue maksud:

‾     ‾ ‾     ‾ ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾       

1. Saat Joni melapor ke polisi tentang motornya yang hilang

janji3Sumpah polisinya gak membantu banget.

Joni   : Pak Pak, motor saya dicuri.

Polisi : Dimana?

Joni   : Itu udah dibawa kabur.

Polisi : Tadi kamu taro dimana?

Joni   : Di sana.

Polisi : Dikunci gak tadi?

Joni   : Enggak, maksud saya cuma bentar~

Polisi : Yaitulah salah kamu kenapa gak dikunci.

Joni   : Ya tapi penyelesaiannya gimana?

Polisi : Yaudah kamu ke pos, kita bikin laporannya dulu.

Joni   : Gak bisa dikejar dulu~

Polisi : Saya lagi gak bawa kendaraan, tapi kalo kamu ke pos mungkin ada temen saya   yang membantu kamu mengejar.

Joni   : Yaudah.. udah.. gak usah. TAKSI! (Joni memanggil taksi kemudian pergi)

Polisi : Hey! lain kali kalau ninggalin motor dikunci.

‾     ‾ ‾     ‾ ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾       

2. Saat seorang ibu yang membantu istri si supir taksi yang hendak melahirkan di halte marah-marah dengan sang supir

janji4Sumpah ngakak bangetlah poko’e

Supir taksi    : Ini istri saya.

Ibu tersebut : Bapak gak ketua-an jadi suaminya?!

Supir taksi    : KAMU YANG KETUA-AN JADI ISTRI SAYA!

Ibu tersebut : EHH BAPAK TUH YANG KETUA-AN JADI BAPAK SAYA!!

Supir taksi    : KAMU KETUA-AN JADI IBU SAYA!

‾     ‾ ‾     ‾ ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾       

3. Saat ketiga teman masa kecil Joni ngobrol hal-hal random di Taman

JANJI5Dari kiri ke kanan trus di depan ada perempatan balik kanan : Anak 2, Anak 1, dan Anak 3

Anak 1: Kalo aku, kalo udah besar pengen jadi DOKTEEEEEEER.

Anak 2: Kalo aku mau jadi BINTANG FILEEEEM.

Anak 1: Bintang film kalo gak ada dokter gak bisa BEROBAAAAAAAT.

Anak 2: Kan bisa berobat di dukun.

Anak 3: Papa-mama aku gak pelnah pecaya sama yang bebau supelnatulaaaal.

Anak 2: Papa-mama kamu percaya satu sama lain juga enggak.

Anak 3: Kamu jahat.

‾     ‾ ‾     ‾ ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾       

4. Saat dialog Joni & Toni

janji6Toni (Dwiky Riza) kocak parah!

Joni : Emang makan siang elu selalu eskrim?

Toni : Gue kan miskin, Jon. Jadi apa yang ada ya gue makan.

Joni : Perut lu tuh terlalu buncit buat jadi anak orang miskin.

Toni : Siapa bilang anak orang miskin selalu kurus? Metabolisme gue aja yang jelek, jadinya makanan yang sedikit selalu ditimbun dalam bentuk lemak.

Joni : Lu tau dari mana sih soal-soal kaya gitu?

Toni : Ya majalah kesehatan dong!

Joni : *diem*

Toni : Lu gak percaya? Berarti lu menghina orang miskin 2 kali, Jon. Pertama, lu bilang orang miskin tuh gak mungkin gendut. Kedua, lu bilang orang miskin tuh gak mungkin baca majalah kesehatan.

Joni : Gue gak bilang gue gak percaya sama elo. Gue cuma heran aja ada anak kecil yang bisa ngomong kaya gitu.

Toni : Nah, lu ngina gue lagi. Jadi menurut lo anak kecil gak mungkin pinter kaya gue.

Joni : Gue juga gak bilang kalo lo pinter kok.

Toni : Sekali lagi lo nyakitin perasaan gue, gue pulang ke rumah~

‾     ‾ ‾     ‾ ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾      ‾     ‾ ‾       

Entah mengapa setiap gue nonton bagian-bagian itu masih ngakak, gak ngebosenin sumpah. Gak heran juga sih kalau film ini meraih banyak penghargaan, salah satunya Film Terbaik 2005 di beberapa festival dalam dan luar negeri. Janji Joni tuh simple aja, gak neko-neko tapi dapat terkenang. Keren banget deh pokoknya.

Sekian dulu ya review-an dari gue, semoga bermanfaat. Amin.

Leave a Reply

