Desa Wisata Krebet

krebet-fix

Bulan lalu (9/03) saya beserta sahabat @Riskigayuh diundang oleh Putri Desa Wisata Krebet, yakni @tiwietiu untuk sekedar bermain. Desanya berada kurang lebih 12 km Barat Daya Kota  Yogyakarta, terletak di Desa Sendang sari, Kecamatan Pajangan, Bantul. (berdekatan dengan lokasi Obyek Wisata Goa Selarong)

Buat yang pengen tahu banget lokasi Desa Krebet

Buat yang pengen tahu banget lokasi Desa Krebet….

1

Jalan di desa ini pun mulus gak gradakan….

Desa Krebet ini terkenal banget dengan kerajinan batik kayunya, semua orang di Jogja pasti tahu mengenai hal ini (kayanya sih….). Bagi kalian yang ingin tahu batik kayu itu seperti apa, ini saya kasih liat……..

IMG_8810

Jenis kayu yang biasa digunakan antara lain sengon, klepu, pule, dan wadang. Kata Tiwi sih tekstur kayu ini tuh lebih mudah dibentuk dan harganya pas….

IMG_8813

kayunya mulai berbentuk….

2

Si Mbak-nya lagi serius ngebatik, gak boleh diganggu….

IMG_8770

setelah itu kayu direndam dengan cairan pewarna gitu, terus dipajang di showrooms untuk hasil akhirnya….

Bagi kalian yang ingin belajar membatik di media kayu, Desa Krebet menyediakan paket tour belajar membatik mulai dari harga Rp 40.000,- (untuk gantungan kunci) sampai Rp 75.000,- (untuk topeng berukuran L), ditambah dengan adanya snack, souvenir, dan hasil karya kalian yang dapat dibawa pulang. WOW BANGEEET kan?!

Setelah belajar membatik, kami diajak Tiwi untuk melihat proses pembuatan Gula Jawa mulai dari pengambilan air nira, proses memasaknya, sampai pada pencetakannya.Tapi sangat disayangkan ternyata kami salah waktu, pengambilan air nira dan proses pembuatan yang tepat adalah di pagi hari sekitar jam 06.00, salahkan Tiwi atas kejadian ini. (Fyi, kami datang jam 12-an)

Namun dengan baik hatinya, Bapak John (nama disamarkan karna kami lupa nanya juga) mengambilkan air nira untuk kami, BAYANGKAN!! tak hanya itu, Beliau memperbolehkan kami menengok dapur pembuatan gula jawa, dan yang paling mengharukan membahagiakan lagi, Beliau memberikan kami gula jawa. Syumpah (harus ada “y”-nya agar terkesan meyakinkan) gula jawa di Desa Krebet ini enak banget, rasanya tuh kaya…… wah nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata deh (?)

IMG_8830

Pak John manjat pohonnya cepet….

1362836679650

Walau tempatnya sangat sederhana, namun rasanya istimewa…..

IMG_8837

baru lihat ada bocah yang senangnya bukan main hanya karna makan gula jawa gini….

Oh ya, untuk perjalanan selanjutnya ke air terjun Jurang Pulosari kami dipandu oleh 3 bocah lokal, siapa saja-kah mereka…..

1362836625610

Yang lagi minum tapi liat kamera itu namanya Enggar, dibelakang Enggar ada bocah yang terlihat ngambek seperti tidak dikasih uang oleh ibunya itu bernama Wawan. Dan yang paling depan sendiri namanya…… ehm saya lupa. Maap.

Tidak jauh dari rumah Tiwi (sekitar 10 menit-an), terdapat air terjun yang masih sepi jikalau weekdays—namanya air terjun Jurang Pulosari.

1362836704628

Penampakan menuju air terjun….

1362836721664

Air-nya masih jernih, udara juga sejuk, sehingga kadar upil menjadi sedikit…..

1362836805221

Ada bocah yang lagi mikirin gimana caranya minta duit ke Emak-nya lagi….

1362836823512

Udah lama gak ketemu aer……

IMG_8832

Dengan setia 3 bocah ini menunggu ke-tidak-tahu-diri-an kami…..

Setelah dirasa cukup bermain air, kami diajak Tiwi untuk melihat anak-anak perempuan Desa Krebet latihan menari di sanggar desa, tidak jauh dari rumahnya.

 

IMG_8913

Mereka menarikan tarian tradisional, narinya pada luwes-luwes….

1362836912784

Perhatikan anak kecil (di sisi kanan gambar), kecil-kecil udah ngerti modus nih….

IMG_8921

Kemudian kami jajan sate, mantap!! harganya pun murah 1 tusuk cuma gope…..

Desa ini menawarkan pula paket tour kegiatan asik, seperti Belajar Karawitan, Gandring, Hadroh, Tari, Jathilan klasik hingga modern, mengukir, membuat pisau dapur, menganyam tikar, membuat irus, dan yang lebih spektakuler kalian bisa melihat berbagai pertunjukan seni di desa ini.

Satu hal yang sangat membuat saya senang adalah melihat aktifitas-aktifitas di desa yang masih santai seperti, para pemuda bermain bola, ibu-ibu rumah tangga menyapu halaman, anak-anak berlarian, sungguh indahseakan waktu tidak sedang memburu mereka.

1362836899239

Pemuda setempat lagi main bola…. (?)

1362836542583

Rumah-rumah disini juga masih sederhana, tapi bikin adem…

Tak hanya itu, Homestay(s) dari warga setempat siap untuk ditempati kapan saja, dengan kisaran harga 40-80rb permalam (makan sudah ditanggung 3x). Waaah, benar-benar Desa Wisata yang wajib untuk dikunjungi. Tunggu apalagi, cepatlah atur jadwal kalian di liburan terdekat ini, dan rasakan nikmatnya bermain di desa ini, dijamnin hati-mu akan dijambret!

Kepo lebih lanjut official website  Desa Krebet

P.S. pengucapan kata krebet sama seperti pengucapan kata kresek (red: kantong kresek)

(Gak dibaca juga gak apa)
beginilah rupa dari Putri Desa Wisata Krebet....

Ini dia Retno Pratiwi Suprapto selaku Puteri Desa Krebet, hampir semua warga krebet kenal Dia, serius.

Karna Tiwi itu Puteri Krebet jadinya saya diajak ngebatik di media kayu, dan itu gratis pula hehehehe

Karna Tiwi itu Puteri Krebet jadinya saya diajak ngebatik di media kayu, dan itu gratis pula hehehehe

3 bocah ini ngilang gitu aja saat mengantarkan kami pulang dari air terjun, padahal kami mau dibeliin sate ke mereka #pencitraandikit

Advertisements

2 thoughts on “Desa Wisata Krebet

  1. ayooo, buat air terjunnya jadi makin terkenal lagi menyaingi Sri Gethuk, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s