Jodoh

Terkesan aneh memang melihat judul blog kali ini, jodoh.
menurut pria sejati seperti gw Jodoh merupakan Kerya seni yang dibuat Tuhan dalam hidup manusia.
gak bisa bayangin karya seni seperti apa yang akan dibuatNya, yang pasti terbaik dan terindah (ya iyalah!!)

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri arti jodoh itu ialah “sesuatu yang cocok sehingga menjadi sepasang”
tambah gak bisa ngebayangin Jodoh-jodoh seperti apa yang akan cocok dalam kehidupan gw.
oh ya, arti jodoh yang gw maksud disini bukanlah mengenai jodoh suami X istri, Romeo X Juliet, atau kisah percintaan lainnya.

Yang gw maksud, ialah Jodoh yang merupakan rencana Tuhan, karya seni Tuhan yang terjadi dalam kehidupan manusia.
dan gw teramat yakin tiap orang mempunyai jodoh kehidupannya masing-masing.

Jodoh itu gak absurd atau abstrak kok, karna sebenarnya jodoh itu dapat dimengerti saat waktunya tiba.

Seminggu terakhir ini gw sangat penasaran dengan kata jodoh ini, pemikiran ini bermula saat pembekalan Mahasiswa Baru di UGM, selasa lalu.
pada saat itu sang Penyaji acara mengajukan pertanyaan kepada 3.602 mahasiswa baru.
pertanyaannya ialah “menurut kamu kesempatan itu ibarat apa…….?”

Lalu ada seorang mahasiswa dari jurusan psikolog maju dan menjawabnya, gw lupa nama orang ini, sebut saja si Renyah namanya.(Horeee!! ada anak renyah dari Psikolog)

Si Renyahpun menjawab “Menurut saya Kesempatan itu ibarat mencari jodoh di hamparan laut yang luas….” pada saat itu kami semua banyak yang terkesan dengan ibarat puitisnya.

Lalu Penyaji bertanya “Mengapa seperti demikian…..?”
kemudian Ia langsung menjawab dengan tegas “Karna saya percaya dalam Alkitab mengenai Adam dan Hawa, Jodoh Adam adalah Hawa karna tulang rusuk Adam terdapat dalam diri Hawa, begitu pula dengan kesempatan. setiap manusia telah mempunyai jodohnya masing-masing mengenai kesempatan”

Prok Prok Prok!!! tepuk tangan bergemuru kencang seolah menyetujui pernyataan Si Renyah ini.

Gwpun sama seperti yang lainnya, terpesona dengan yang diibaratkan Si Renyah.
sebelum itu, mind map gw sangat berbeda mengenai arti kesempatan ini.

Menurut gw, rumus kesempatan itu “Usaha yang dijalankan berbanding lurus dengan pintu kesempatan yang akan terbuka”
dan sekarang gw percaya arti tersebut SALAH BESAR.

Mengapa SALAH BESAR? karna gw sadar kalau kesempatan itu tidak hanya bicara tentang usaha. kesempatan itu sama seperti jodoh, sudah diatur olehNya.
gwpun teringat dengan kejadian lampau dalam kehidupan gw.

Saat kelas 10 ke kelas 11, gw sangat mau masuk IPA. tapi, kenyataanya masuk IPS karna nilai Fisika kurang 0,3

(hanya 0,3 kawaaaan!!)

Pada saat itu gw gak bisa nerima kenyataan tsb, gw juga lupa kenapa pengen banget masuk IPA, mungkin karna lebih bergengsi, ya gw rasa seperti itu.

Sampai awal kelas 3 gw baru sadar mengapa Tuhan menetapkan jodoh IPS pada saat itu, gw bersyukur masuk IPS. karna IPS gw gak perlu belajar mati-matian Fisika dan Kimia.

Sumpaaaaaaah!! bersyukur banget masuk IPS, karna IPS gw masuk jalur undangan dan diterima di FIB UGM. Puji Tuhan .

Dan yang lebih aneeeeeehnya lagi, saat gw milih jurusan PTN Undangan, gw bingung harus milih apa. saat itu gw sangaaat mau ngambil jurusan Manajemen, tp entah mengapa gw milih Pariwisata.

Dipertengahan jalan gw takut menyesal dengan pilihan ini,
namun H-1 minggu jelang pengumuman Tuhan membukakan Pengharapan di Jurusan ini.

Gw membaca blog FIB UGM (yang ternyata baru dibuat pula) dan ternyata………prospek kerjanya KEREEEEN PARAH!!
prospek kerjanya banyak banget, sekitar 8 profesi lebih.

dan yang lebih dahsyatnya, 3 khayalan impian saat SMP sampai SMA ada semua dalam prospek kerja Pariwisata. (benar-benar aneh)

  • Saat SMP    : Karna gw aktif didalam OSIS, gw berkeingingan kerja di EO gitu, dan ternyata   prospek dipariwisata ada. dan itu Manajer EO. GILAAAAAAAA!!
  • Saat 2 SMA : Karna gw cukup sering ke insatansi pemerintah seperti sudin-sudin dan walikota, gw merasa enak banget kalau kerja di instansi gini, nyaman dan tenang. dan ternyata lulusan pariwisata sangat berpotensi kerja menjadi staff di Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata gitu, MAKIN GILAAAAAA!!
  • Saat 3 SMA : Berkeinginan menjadi Manajer Perhotelan, karna tertarik mengembangkan kebudayaan suatu daerah dalam hal perhotelannya. dan di Pariwisata UGM sangat berpotensi mewujudkannya.    MAMPUSS PARAH!!

Akhirnya beberapa pertanyaan kenapa yang ada dipikiran ini, satu-persatu mulai terjawab.

Sekarang gw amat yakin bahwa Kesempatan itu memanglah Jodoh, kalau menurut gw pribadi kesempatan itu ibarat anak tangga dengan pegangannya.

anak tangga (usaha) sedangkan pegangannya (kesempatan), jadi setinggi apapun kita naik tangga (berusaha) pegangannya (kesempatan) selalu berdampingan atau selalu ada.

begitu pula saat kita diam (putus asa) atau jatuh (gagal) kesempatan itu tetap ada disamping tangan kita.

Pada intinya kita memang berjodoh dengan kesempatan, karna sejak awal manusia terciptapun itu berjodoh. manusia (embrio) merupakan hasil perjodohan antara 1 dari sekian juta sperma berlomba menemui jodohnya, yakni ovarium.

20 Juni 2012

One thought on “Jodoh

  1. Pingback: Pariwisata UGM « laenelson

Leave a Reply

